Dengan Kearifan Lokal Saifudin Aswari Membangun Lahat

Dengan Kearifan Lokal Saifudin Aswari Membangun Lahat
Dengan Kearifan Lokal Saifudin Aswari Membangun Lahat. Tidak banyak daerah di Indonesia yang mampu menerapkan pembangunan dengan tetap menjaga kearifan lokal. Semangat inilah yang senantiasa digelorakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, Sumatera Selatan dan terbukti berhasil.

“Kearifan lokal mutlak harus dijaga dan masyarakat juga mesti dilibatkan dalam setiap pembangunan yang dilakukan. Sebab, tanpa peran aktif masyarakat mustahil pembangunan di suatu daerah dapat berjalan optimal,” kata Bupati Lahat H Saifudin Aswari Riva’i di Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Pria yang akrab disapa Kak Wari ini melanjutkan, salah satu kearifan lokal yang sampai kini senantiasa terjaga dan turut mewarnai derap pembangunan di Kabupaten Lahat, adalah semangat gotong royong dan bersilaturahmi.

Lantaran memegang teguh kearifan lokal inilah, ujar Kak Wari, tidak heran jika saat melakukan pembangunan, pihaknya dalam hal ini Pemkab Lahat hampir tidak menemui hambatan berarti.
Pria yang digadang-gadang sebagai salah satu calon kuat Gubernur Sumsel 2018 mendatang, ini mencontohkan, saat pihaknya membangun infrastruktur berupa jalan, masyarakat yang dipimpinnya tidak segan menghibahkan tanah.

“Di mana coba, ada masyarakat yang secara sukarela menghibahkan tanahnya untuk dibangun jalan. Dan, jalan yang dibangun ini tidak main-main loh, panjangnya sampai 168 km,” kata Aswari.

Sebagai pemimpin, Aswari mengaku sangat menyadari betul, bahwa masyarakat yang dipimpinnya tidak hanya butuh pembangunan. “Masyarakat juga butuh sentuhan. Itulah pentingnya seorang pemimpin bersilaturahmi dengan masyarakatnya. Silaturahmi ini juga bukan hanya saat senang saja. Yang lebih penting lagi, pemimpin itu hadir saat masyarakat tertimpa musibah, seperti musibah kematian,” ujar Aswari.

Khusus untuk musibah kematian, lanjut Aswari, pihaknya semaksimal mungkin menyempatkan hadir di tengah masyarakat yang tertimpa musibah dan berupaya memberi bantuan.

Sampai-sampai, bupati yang sudah dua periode menjabat ini dijuluki Bupati ‘Ayam’. Julukan ini disematkan, karena di setiap musibah kematian, dirinya selalu memberi bantuan ayam di samping bantuan berupa uang santunan.

“Bantuan ini memang tidak seberapa. Tapi, program ini sangat didambakan karena tak sedikit warga kesulitan saat ada sanak keluarga meninggal. Dengan bantuan ayam dan sedikit uang santunan, tentunya warga sangat terbantu hingga tak perlu berutang saat ingin menggelar takziah,” kata Aswari.

Sementara untuk program lain, selama delapan tahun menjabat, Aswari berfokus kepada pembangunan infrastruktur jalan desa, pendidikan, kesehatan, pertanian dan tak ketinggalan penerangan (listrik). Khusus listrik, saat ini sudah dibangun PLTU Keban Agung yang merupakan PLTU mulut tambang berkapasitas 2 x 135 MW.

Proyek pembangkit listrik swasta atau Independent Power Producer (IPP) tersebut dibangun oleh PT Primanaya Energi berdasarkan IUKU-Sementara nomor 407-12/20/600.3/2007 tertanggal 29 Oktober 2007, dengan investasi USD230 juta.

Keberadaan PLTU Keban Agung sendiri sebagai upaya untuk menjawab tantangan kebutuhan listrik di wilayah Sumsel yang dalam lima tahun terakhir pertumbuhannya sebesar 11,3%. Diharapkan pula PLTU Keban Agung salah satu yang dapat membantu pemerintah dalam merealisasikan target proyek energi listrik sebesar 35.000 MW sampai 2019. “Saya meyakini ke depan Lahat akan menjadi daerah industri dengan listrik melimpah,” tegas Aswari.

Selain memacu infrastruktur, pihaknya juga mengakselerasi bidang-bidang lainnya, seperti pariwisata, perekonomian, kebudayaan, termasuk mengoptimalkan sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Lahat.

Begitu pun promosi wisata sejarah berupa megalitikum dan kawasan wisata alam Bukit Jempol (Bukit Serelo) yang menjadi ikon Kabupaten Lahat juga terus digalakkan. Bahkan, kabupaten berjuluk Seganthi Setungguan, ini ternyata diam-diam mempunyai hampir 100 air terjun, dengan lokasi yang sangat mudah dijangkau.

“Waktu pertama menjabat (Bupati Lahat) tahun 2009, APBD Lahat hanya Rp750 miliar. Sekarang APBD kita sudah Rp2 triliun. Investasi juga sudah sangat banyak. PLTU mulut tambang di Keban Agung itu saja investasinya USD230 juta. Belum lagi proyek-proyek lainnya,” ujar penerima penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Republik Indonesia, 2016 ini.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Koran SINDO Pung Purwanto mengakui, selain Kota Palembang, salah satu kota/kabupaten di Sumsel yang kerap terdengar gaungnya adalah Kabupaten Lahat. Ini karena banyak tokoh nasional terutama dari kalangan militer, berasal dari kabupaten tersebut.

“Ini juga sekaligus bukti, kalau Kabupaten Lahat memiliki generasi penerus yang handal dan berdaya saing. Jadi, SDM (Sumber Daya Manusia) sudah bagus, tinggal lagi mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alamnya,” kata Pung Purwanto.

Di lain kesempatan, pesatnya pembangunan di Kabupaten Lahat juga diakui Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, saat acara HUT Kabupaten Lahat.

Pengakuan akan kesuksesan pembangunan di kabupaten ini bukan tanpa alasan. Apalagi, orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini sering berkunjung ke kabupaten tersebut, sehingga perkembangan pembangunan kabupaten ini dari tahun ke tahun tentunya tak luput dari perhatiannya. “Geliat pembangunan di Kabupaten Lahat ini sangat terasa,” puji Alex.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosok Aswari Rivai, Pemimpin Gaul Yang Hobi Otomotif

Kiprah Aswari Dalam Menggali Aspirasi Masyarakat

Aswari Rivai, Cara Menjaga Ekosistem Sungai Dengan Kearifan Lokal